dilihat 88 kali

HPN 2019, KAPOLDA SUMUT MINTA JURNALIS HAL INI..

TARGET24JAMNEWS.COM  |  MEDAN — Memperingati Hari Pers Nasional tahun 2019, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH,  memandang bahwa jurnalistik adalah salah satu pintu yang bisa memperkuat rasa nasionalisme. Caranya adalah dengan menyebarkan informasi-informasi positif yang dilakukan oleh para jurnalis.

“Beritakan yang menyejukkan, gelorakan Nasionalisme. Mari memulainya dengan menyebarkan berita-berita positif,” ujar Kapolda Sumut, Sabtu (9/2) di Medan.

Jenderal bintang dua ini juga mengatakan penerapan prinsip berita yang bertanggung jawab, adalah kunci penguatan nasionalisme.

“Wartawan memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang pesan-pesan persatuan dan kesatuan,” kata Agus. 

Masih kata Kapolda, ia mencontohkan beberapa fenomena yang terjadi berawal dari kesalahan informasi. Penyebaran berita hoaks untuk memprovokasi pihak tertentu kerap kali memicu perpecahan di tengah masyarakat.

“Masyarakat hari ini juga perlu dicerdaskan tentang bagaimana memilah informasi. Tugas jurnalis inilah yang harus berperan dalam hal ini,” tegas Kapolda.

“Jadikan media sebagai alat perubahan dan pendidikan sosial, selamat hari Pers Nasional tahun 2019,” tutup Kapolda. (RED/TIM/HUM).

Bagikan berita ini

Mungkin Anda Menyukai