dilihat 83 kali

4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Minggu Palma

TARGET24JAMNEWS.COM  | Hari ini umat Katolik seluruh dunia merayakan Hari Minggu Palma. Gereja didekorasi dengan sejumlah daun palma.

Perayaan ini jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Umat diberi daun palma secara gratis dan dilakukan perarakan sebelum perayaan Ekaristi Kudus.

Ada 4 hal penting yang harus kamu ketahui tentang perayaan Hari Minggu Palma. Apa saja? Mari kita bahas satu per satu:

#1 Dasar biblis

Perayaan Minggu Palma merujuk pada empat Injil yakni dalam Markus 11:1-11Matius 21:1-11Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19. Dalam keempat Injil disebutkan bahwa Yesus disambut dan dielu-elukan di Yerusalem.

#2 Pembukaan Pekan Suci

Minggu Palma sebagai peringatan kedatangan Yesus ke Yerusalem juga sebagai tanda dimulainya Pekan Suci bagi umat Katolik. Setelah Minggu Palma, umat Katolik mempersiapkan hati untuk merayakan Kamis Putih/Kamis Suci untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus Kristus; lalu mengikuti kisah sengsara Kristus dalam perayaan Jumat Agung, merayakan Sabtu Suci hingga Minggu Paskah.

#3 Tanda Kemuliaan

Minggu Paskah mempresentasikan proklamasi dan pengakuan Yesus sebagai satu-satunya Anak Allah. Melalui perayaan Minggul Palma, umat Katolik memperingati bagaimana Yesus dimuliakan di Yerusalem, dielukan sebagai raja.

#4 Simpanlah Daun Palmamu!

Jangan buang daun palma yang sudah diberkati. Simpanlah untuk dibakar tahun depan yang akan digunakan pada perayaan Rabu Abu. (amorpos/red). 

Bagikan berita ini

Mungkin Anda Menyukai