Amin Rais Resmi Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya

JAKARTA-Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Amien Rais resmi dilaporkan Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi ke Polda Metro Jaya, Minggu (15/4/2018) terkait pernyataan dikotomi partai politik, partai Allah dan partai setan. Selain dilaporkan karena diduga menyebarkan ujaran kebencian, Amien Rais juga dilaporkan dengan pasal penodaan agama seperti diatur dalam Pasal 156a KUHP.

Anggota Cyber Indonesia Husin Shahab mengatakan, dalam tausiyahnya kemarin di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, seperti diberitakan oleh media, Amien menyebut bahwa yang ada di dalam partai Allah hanyalah tiga partai yakni PAN, PKS, dan Gerindra.

Dengan demikian, kata Husin, partai lainnya termasuk ke dalam golongan partai setan. Padahal, lanjut Husin, orang-orang yang ada di luar ketiga partai itu ada pula kader yang beragama Islam.

“Amien Rais sudah mendikotomikan partai, ada partai setan dan partai Allah. Jadi, selain tiga partai itu (PKS, PAN, Gerindra), partai setan, dan ini menyesatkan. Artinya, menistakan agamanya menistakan umat muslim yang ada di selain tiga partai itu,” kata Husin di Polda Metro Jaya.

Ketua Indonesia Cyber Aulia Fahmi mengatakan ada tiga hal yang dipermasalahkan dalam pernyataan Amien Rais yakni soal orang tidak bertuhan, statemen partai Allah, statemen Partai Setan.

Cyber Indonesia, kata Aulia, menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada penyidik kepolisian terkait pasal mana yang lebih tepat untuk menjerat Amien.

“Untuk lebih jauh nanti (urusan) penyidik lah, mana yang lebih masuk dengan materi yang dilaporkan,” kata Aulia.

Dalam salinan berkas laporan yang dibawa oleh Aulia, tercantum laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/2070/IV/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus, Tanggal: 15 April 2018 dengan nama pelapor Aulia Fahmi, SH

Adapun pasal yang disangkakan, yakni pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45A Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 (UU ITE) dan atau pasal 156A KUHP.(Hry/Red)

Bagikan berita ini