Asian Games Momen Terbaik Elektabilitas Jokowi Naik

TARGET24JAMNEWS.COM | JAKARTA – Organisasi relawan pendukung capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin menilai, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan bagian dari kesuksesan pemerintahaan saat ini. Euforia keberhasilan Asian Games turut membawa nama Jokowi ke mata dunia dan mampu meningkatkan elektabilitas masyarakat Indonesia.

“Di tengah hujan sorotan dan fitnah kepada presiden, ini adalah momen terbaik untuk Pak Jokowi dan bangsa Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Harapan Warga (Hawa) Fedjrina Yusri Amrin, Senin (3/9).

Ia menilai, meski acara sukses, tak sedikit pula sebagian orang yang menilai pemerintah foya-foya dengan menjadi tuan rumah Asian Games. Namun, kata Fedjrina, bagi orang-orang yang cerdas tentu akan mampu melihatnya secara jernih.

Meski belum dirilis data resmi tekait kontribusi perekonomian dari Asian Games, ia memastikan Indonesia pasti mendulang keuntungan besar. Di satu sisi, Indonesia kini memilih berbagai venue olah raga bertaraf internasional yang akan sangat bermanfaat bagi dunia olah raga ke depan. Termasuk wisma atlet yang ke depan bisa semakin dimanfaatkan.

Fedjrina mengatakan, kesuksesan Asian Games justru sangat kuat untuk meningkatkan citra pejawat di mata masyarakat. “Ini amat sangat bisa meningkatkan elektabilitas bagi orang-orang yang cerdas. Bangsa kita kansudah cerdas,” katanya.

Ketua Gerakan Relawan Indonesia (GRI) Kurniawan mengungkapkan, karena momen Asian Games yang berdekatan dengan ajang Pilpres 2019, tentu bonus elektoral diperoleh oleh petahanan yang mencalonkan kembali. Menurut Kurniawan, kesuksesan sebuah acara terutama bisa dinilai dari segi keamanan dan kenyamanan.

Dua hal itu, lanjutnya, cukup terjaga selama dua minggu perhelatan Asian Games. “Saya pikir ini cukup sukses dan rasanya akan cukup nyambung terhadap peningkatan elektabilitas Jokowi,” jelasnya.

Selain keamanan dan kenyamanan, dari sisi prestasi perolehan medali para atlet Indonesia juga meningkat tajam. Prestasi itu sekaligus meningkatkan antusiasme masyarakat di masa-masa jelang Pilpres 2019.

Tingkat elektabilitas Joko Widodo dan Ma’ruf Amin diperkirakan makin tinggi setelah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Demikian disampaikan analis politik Teguh  Yumono , Ahad (2/9).

Menurut Teguh, peringkat Indonesia yang berada di posisi ke-4 dengan meraih 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu, memberikan sentimen positif.   Indonesia hanya di bawah Korea (49 emas), Jepang (74 emas), dan Cina (132 emas).

“Hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat keterpilihan pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019,” kata Teguh yang juga Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro Semarang.(rep/am)

Bagikan berita ini