BABINSA DAMPINGI NELAYAN BUDIDAYA IKAN

TARGET24JAMNEWS.COM  |  SIBOLGA – Ikan Barona atau yang lebih dikenal masyarakat Kota Sibolga sebagai ikan Cabe-cabe.

Budidaya ikan ini ada di Pulau Poncan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Utara yang dikelola oleh nelayan.

Melihat potensi budidaya ikan ini cukup dirasakan para nelayan jaring apung khususnya Jefri selaku pengelolanya.

Oleh Babinsa jajaran Kodim 0211/TT pun melakukan pendampingan.

Babinsa yang melakukan pendampingan dari Koramil 06/Kota Sibolga, Serda Rio Tambunan dan Kopda W.Nainggolan.

“Tujuan pendampingan ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah pesisir pantai Kota Sibolga, khususnya masyarakat Pasar Belakang, juga sebagai implementasi pelaksanaan program pemerintah untuk ketahanan pangan menuju swasembada pangan,” ujar Serda Rio Tambunan.

Dia mengatakan budidaya ikan barona atau cabe-cabe ini menggunakan jaring apung yang sangat mudah dilakukan dengan biaya pakan relatif murah. Cukup hanya memberi pakan ikan dua kali sehari, pagi dan sore.

“Pakannya sayur kangkung, bayam serta sayur-sayuran lainnya yang mudah di dapat,” ungkapnya.

Menurutnya, bibit ikan barona atau cabe-cabe di dapat dari nelayan tradisonal lokal hasil tangkapan sendiri, dikarenakan ikan jenis ini banyak didapat di seputaran pulau Poncan dan laut Sibolga.

“Ikan Barona (Cabe-cabe) siap panen dalam jangka waktu tiga bulan. Pemberian pakan ikan secara teratur dan pembersihan jaring apung dari sampah organik maupun non organik dapat meningkatkan produktifitas hasil panen Ikan. Terutama dalam pemberian pakan harus benar-benar di perhatikan oleh nelayan jaring apung,” katanya.

Jefri merasa senang atas bantuan Babinsa yang selama ini sudah mendampinginya, mulai dari pembuaatan jaring apung serta mencari tempat untuk jaring apung tersebut di letakkan, hingga saat pemeliharaan.

“Dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa Koramil 06/Kota Sibolga-Kodim 0211/TT kepada kami, Alhamdulillah hasil panen ikan cukup membantu perekonomian masyarakat Pasar Belakang,” ucap Jefri.

Sementara itu, Danramil 06/Kota Sibolga, Mayor Kav Drs.Arwan mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan sebagai upaya memantapkan kemanunggalan TNI Rakyat serta bentuk peran TNI dalam mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan,” pungkasnya. (penrem023)

Bagikan berita ini