Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar Pertanyakan Vonis Bebas 4 Pimpinan DPRD Sulbar

TARGET24JAMNEWS.COM  |  MAMUJU — Terkait vonis bebas empat pimpinan DPRD Sulbar oleh pengadilan Tipikor Mamuju, sehubungan dengan hal tersebut Jaksa Penuntut Umum (JPU) bakal mengajukan kasasi terhadap vonis bebas empat terdakwa korupsi penyusunan dan pelaksanaan APBD Sulbar 2016.

“Besok Jumat (14/09/2018) kami akan lakukan pendaftaran Kasasi, yang jelasnya siap-siap saja,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Mamuju, Cahyadi Sabri kepada wartawan di kantor Kejaksaan Negeri Mamuju, pada Kamis (13/09).

Menurut Cahyadi, jaksa mempertanyakan putusan hakim karena membebaskan terdakwa yang dinilai memiliki bukti kuat tindakan korupsi. Oleh karenanya, mereka mengajukan Pasal 253 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) sebagai alasan kasasi.

“Bahwa apakah benar suatu peraturan hukum tidak diterapkan atau diterapkan tidak sebagaimana mestinya, kemudian apakah benar cara mengadili tidak dilaksana menurut ketentuan undang-undang?” kata Cahyadi.

“Atau apakah benar pengadilan telah melampaui batas wewenangnya? “ujar Cahyadi.

Kejaksaan Tinggi Sulselbar menuduh mereka melakukan korupsi dengan modus meminjam perusahaan dan menggunakan orang lain sebagai penghubung (tim sukses, keluarga/kerabat, dan orang kepercayaan) untuk mendapatkan proyek dalam APBD Sulbar 2016. Sehingga diduga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 80 miliar.

Sementara itu Badan Pekerja KMAK Djusman AR mengatakan bahwa lembaganya mempertanyakan hasil putusan bebas tersebut dan menduga ada dugaan indikasi penyimpangan hukum terkait putusan ini.

Lebih dalam Djusman AR yang juga pernah melaporkan kasus Bank sulselbar di Pasangkayu ini mengatakan bahwa pihaknya akan memonitor perkembangan kasus ini ,apalagi sudah ada upaya kasasi dari pihak kejaksaan mamuju.

“Kami berharap Komisi Yudisial turun tangan terhadap kasus ini sehingga kasus dapat di terus dikawal sehingga program pemerintah terhadap pemberantasan korupsi di negara kita dapat berjalan dengan baik,” beber Djusman. (RED/HUM). 

Bagikan berita ini