BUAT YANG BERMARGA BATAK, HORAS BANGSO BATAK WADAHNYA

TARGET24JAMNEWS.COM  |  MEDAN — Buat masyarakat khususnya bermarga etnis Batak, ini wadah atau organisasinya bernama Horas Bangso Batak atau HBB. Organisasi ini bertujuan untuk pelestarian adat Batak dan Danau Toba dengan menumbuhkan regenerasi. Hal itu disampaikan Ketua Umum Horas Bangso Batak Lamsiang Sitompul SH MH kepada wartawan di Medan, Sabtu (23/3/2019). 

“Saya mengajak para tokoh adat Batak dan masyarakat yang bermarga Batak, bergabung di Horas Bangso Batak, untuk terus melestarikan adat Batak dan Danau Toba dengan menumbuhkan regenerasi,” kata Lamsiang.

Sebagai putera daerah di Sumatera Utara, Lamsiang merasa tergerak hatinya menjaga dan melestarikan marwah leluhur orang Batak yang mulai terkikis. Ia mengaku sangat prihatin dan khawatir jika orang Batak kehilangan identitas budayanya. Sebab, regenerasinya belum muncul untuk pelestarian dan menjaga marwah leluhur. 

“Kita pernah mendengar ada orang yang bermarga Batak namun tidak tau tutur atau silsilah marganya atau saja bahasa daerahnya tidak juga tau. Itu yang patut kita sesalkan. Horas Bangso Batak hadir ditengah-tengah masyarakat di Indonesia, untuk menggerakan kembali budaya dan adat ini,” ujar Lamsiang.

Menurut Lamsiang, Batak memiliki situs leluhur yaitu Rumah Hela di Pusuk Buhit, Gunung Sihoba, Samosir. Dari Pusuk Buhit inilah asal muasal orang Batak dan seluruh turunan silsilah yang ada Sumut. 

Hasil gambar untuk horas bangso batak

“Pusuk Buhit dapat dikemas sebagai wisata edukasi Batak setelah mereka menikmati keindahan Danau Toba. Sayangnya, generasi sekarang sudah tidak mengenal leluhur mereka. Mereka hanya berhenti digaris silsilah, tidak berusaha mencari tahu sampai ke atas, yaitu leluhur mereka,” kata pria yang kesehariannya sebagai advokat itu. 

“Jangan pernah malu mengaku jadi orang Batak. Ini adalah kebanggaan kita. Suku Batak tidak suka kekerasan. Kita cinta kedamaian. Maka mari kita lestarikan adat Batak bersama Horas Bangso Batak,” tutup Ketua Umum HBB.

Sekedar diketahui, beberapa waktu lalu Horas Bangso Batak menjadi salah satu ormas yang mendapat kehormatan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Bogor, Kamis (21/3) sekira pukul 10.00 wib. Yang menjadi perwakilan ormas Horas Bangso Batak adalah Lamsiang Sitompul. (RED/HUM/SEPTINUS).

Bagikan berita ini