dilihat 254 kali

Dandim 0205/Tk Bantu Masyarakat Karo Akibat Debu Vulkanik

KARO-Dandim 0205/TK Letkol Inf. Taufik Rizal, SE  beserta jajarannya meninjau langsung ke daerah Gunung Sinabung dalam rangka membantu masyarakat yang terkena erupsi debu vulkanik Gunung Sinabung, di wilayah Kecamatan Payung, Tiganderket, Munthe dan Lau Baleng Kabupaten Karo, pada Senin 19 Februari 2018.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0205/TK menyampaikan terjadi erupsi  letusan besar Gunung Sinabung sekitar  pukul 08:53 WIB dengan luncuran awan panas mencapai 4,9 km mengarah ke selatan, mengarah ke timur Tenggara  3,5 Km. “Untuk sementara,  setelah ditelusuri beberapa titik zona merah belum ada ditemukan korban. Supaya masyarakat jangan memasuki zona merah,” Kita himbau Masyarakat tidak memasuki kawasan zona merah dan sekarang akan kita Usahakan melakukan penyisiran terkait informasi yang  berkembang, mengatakan ada korban, jadi sementara belum ada korban atau Masyarakat yang melapor, selanjutnya Dandim 0205/TK menyerahkan masker kepada para siswa Sekolah Dasar Kecamatan Sipayung, dengan adanya debu vulkanik dampaknya akan dapat menimbulkan iritasi saluran pernapasan hingga infeksi atau penyakit ISPA.

Lebih lanjut lagi Dandim 0205/TK menghimbau kepada masyarakat yang ada disekitar apabila keluar rumah agar menggunakan masker dan kaca mata atau pelindung mata dan disarankan agar jangan menggosok mata apabila terkena debu, karena akan menyebabkan iritasi pada mata. Dalam kegiatan tersebut, Dandim 0205 juga mengerahkan mobil Damkar untuk melaksanakan penyiraman, melaksanakan pengecekan di sekitar zona merah, dan mengevakuasi anak-anak sekolah. Beliau berharap dengan adanya bantuan dari TNI, Polri dan Pemerintah daerah beserta masyarakat, dapat mengurangi beban masyarakat yang terkena erupsi debu vulkanik di wilayah Kabupaten Karo. (Raf)

Bagikan berita ini

Mungkin Anda Menyukai