Dirut Garuda Ari Askhara Dipecat,Erick Thohir Banjir Karangan Bunga Suka Cita

TARGET24JAMNEWS.COM || JAKARTA – Sejumlah karangan bunga menghiasi lobi utama kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat (6/12).

Karangan bunga tersebut bertuliskan ucapan selamat dan dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Tertulis juga nama pengirim yang mengatasnamakan Keluarga Karyawan Garuda Indonesia.

Hal ini terjadi usai Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Pemecatan tersebut dilakukan lantaran Ari terlibat dalam penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda Brompton dalam pesawat Garuda Indonesia terbaru jenis Airbus A330-900 Neo. Bea Cukai mendapati barang tersebut setibanya pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Pemecatan Dirut Garuda, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau dikenal dengan Ari Askhara, menjadi momentum bagi karyawan PT Garuda Indonesia meluapkan kekecewaannya pada Ari Askhara.

Karangan bunga tersebut sebagai bentuk manifestasi dari apresiasi terhadap kebijakan Menteri BUMN, Erick Thohir, yang telah memecat Ari Askhara dari jabatannya sebagai Dirut Garuda. Kebijakan tersebut disambut dengan sukacita dari karyawan Garuda.

 

Rasa sukacita itu bisa terlihat dari berbagai ucapan yang dikirimkan lewat karangan bunga. Ungkapan kekecewaan terhadap Ari Askhara dengan beragam disampaikan, ada yang kecewa terhadap integritas Ari selama memimpin Garuda.

Seperti yang diungkapkan Yayasan Awak Kabin Indonesia yang menulis dikarangan bunga yang dikirimkan, ‘Terimakasih Pak Erick Thohir & Ibu Sri Mulyani & Bea Cukai yang menyelamatkan Garuda dari Pimpinan yang Tidak Punya Integritas’.

Berbeda dengan karangan bunga Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia yang berbunyi ‘Terimakasih Pak Erick Thohir Garuda Indonesia Tidak Butuh Direktur Kaleng-kaleng’. Tak lama, karangan bunga itu dipajang di lobi depan Kementerian BUMN.

Dari dua karangan bunga itu saja kita bisa melihat seperti apa karyawan Garuda pada umumnya meluapkan kekecewaan pada Ari Askhara. Jadi apa yang dilakukan Erick Thohir, adalah memang sesuatu yang diinginkan oleh karyawan Garuda, Ari memang dianggap pantas untuk dipecat.

Ari Askhara disebut-sebut sebagai anak kesayangan mantan Menteri BUMN, Rini Soemarno, sehingga dianggap sebagai orang yang tidak akan tersentuh hukum. Ini sudah menjadi rahasia umum dilingkungan PT Garuda Indonesia.

Ada tujuh karangan bunga yang dikirimkan oleh karyawan dilingkungan PT Garuda Indonesia, dua diantaranya seperti yang disebutkan diatas. Itu artinya karyawan Garuda Indonesia menaruh respek terhadap kebijakan Erick Thohir memecat Ari Askhara sebagai Dirut Garuda.

Berdasarkan pantauan Detik.com, Jumat (6/12/2019), beberapa karangan bunga berjejer di pintu masuk menuju parkir basement. Berdasarkan keterangan petugas keamanan, ada 7 karangan bunga yang dipasang menumpuk.

Apresiasi yang diberikan karyawan Garuda terhadap kebijakan Erick Thohir ini dianggap sebagai sebuah langkah yang tepat. Ari Askhara mungkin tidak akan mengira kalau dia bisa dipecat dari Garuda, karena selama ini dia menganggap di beking oleh orang kuat.

Di luar dugaannya, Skandal Harley Davidson, yang diduga menyangkut dirinya, menjadi puncak dari karirnya, dan berakhir pada pemecatan, sehingga dia harus kehilangan jabatannya sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia.

Untuk diketahui, Direktur Utama Garuda Indonesia dicopot karena terkait skandal Harley Davidson. Erick mengumumkan pencopotan itu dalam konferensi pers yang berlangsung di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).(Red/Detik.com)

Bagikan berita ini