Hasil Hak Angket DPRD Siantar di Bawa ke RS.Vita Insani

TARGET24JAM | SIANTAR – Setelah beberapa jam menanti hasil pembahasan penistaan etnis Simalungun, akhirnya panitia Hak Angket DPRD menyerahkan kesimpulan tersebut kepada ketua DPRD Siantar Marulitua Hutapea yang berada di Rumah Sakit Vita Insani Rabu(25/7/2018) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Penyerahan tersebut disinyalir sebagai skenario, dimana selama berlangsungnya unjuk rasa yang dilakukan Gerakan Sapanganbei Manoktok Hitei (GSMH). Pimpinan DPRD Marulitua dan dua Wakil Ketua yang dijabat oleh Mangatas Silalahi dan Timbul Lingga tidak hadir seakan ingin mengelak dari para pengunjuk rasa.

Namun meskipun begitu,hasil dari kesimpulan Hak Angket tersebut tetap harus di sampaikan. Sehingga panitia Hak Angket menemui Ketua DPRD Marulitua yang sedang di rawat di Rumah Sakit Vita Insani ruang 147 lantai IV.

Penyerahan tersebut dikawal ketat oleh pihak kepolisian yang di hadiri sejumlah Panitia Hak Angket,Ketua Panitia Hak Angket Oberlin Malau, Denny Siahaan, Asrida Sitohang serta 6 anggota dan salah seorang Staff Ahli DPRD Siantar Riduan Manik.

Meskipun hasil dari Hak Angket tersebut belum diketahui pasti, perwakilan GSMH Poltak Sinaga, Pandapotan Damanik bersama rombongan, tetap ikut mendampingi Panitia Hak Angket sampai dengan pukul 23.50 WIB.

Sementara kuasa hukum dari GSMH Sepriandi saragih,mengatakan bahwa etnis Simalungun masih ada dan bukan pusaka. Dan akan mengkawal persoalan tersebut secara politik maupun secara hukum.

“Saya turut merasa tersakiti dengan adanya tindakan pemerintah kota yang meniadakan Etnis Simalungun. Dan kita akan selalu mengkawal persoalan ini, secara politik maupun secara hukum pidana dan akan menjemput kerumah masing-masing ketiga unsur pimpinan DPRD Siantar yang tidak turut hadir” ucapnya. (Dho)

Bagikan berita ini