Ini Yang Disampaikan Presiden RI di Hadapan Pelajar Korea Selatan

TARGET24JAMNEWS.COM | JAKARTA — Presiden Joko Widodo membebeberkan beberapa kiat untuk menghadapi revolusi industri generasi ke-empat atau industri 4.0. Hal itu disampaikan Jokowi saat ia memberikan kuliah umum di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018).

Cara pertama yang diungkapkan Jokowi adalah tenang dan terus bersikap positif serta optimistis. Meski terdengar sepele, ia yakin sikap-sikap tersebut berpotensi besar memaksimalkan hubungan internasional dan negosiasi ekonomi. Kedua, Jokowi menyebutkan soal inovasi sebagai hasil eksperimen. Ia mengatakan, tidak perlu takut untuk mencoba.

Salah satu contoh yang diberikannya adalah saat Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka jalur komunikasi dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Hal itu tetap dilakukan meski menuai banyak kritik demi menciptakan perdamaian dunia.

“Tapi kalau saya percaya lebih baik mencoba sesuatu yang baru meskipun ada risiko gagal,” tutur Jokowi melalui siaran pers, Selasa (11/9/2018).

Cara terakhir adalah beraksi. Jokowi mengimbau seluruh hadirin agar tidak berkecil hati untuk memulai aksi mereka sekecil apapun bentuknya.

“Saya percaya, penting untuk melakukan yang bisa kita lakukan. Seperti kata pepatah, a journey of a thousand miles, starts with a single step,” ujarnya.

Acara tersebut merupakan bagian kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Korea Selatan. Hari ini menandai hari ketiga sekaligus hari terakhir kunjungan Presiden di negara ini. Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi.(kom/am)

Bagikan berita ini