dilihat 74 kali

JR Tersangka Elektabilitas Partai Demokrat Alami Penurunan

Target24Jam-Ditetapkannya JR menjadi tersangka oleh Gakkumdu terkait pemalsuan tandatangan Kepala Dinas DKI, pada kasus legalisir ijazahnya, membuat elektabilitas Partai Demokrat mengalami penurunan.

Untuk.menyelamatkan Partai dari keterpurukan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secepatnya mengambil sikap mengangkat Drs Heri Zulkarnain MSi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPRD tingkat II Pemko Medan, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara menggantikan JR Saragih.

Pada temu Pers di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut Jalan Abdullah Lubis Medan Rabu (21/3) Heri Zulakarnain menyebutkan, mendapatkan tugas yang luar biasa pada situasi tahun politik yang sangat alot ini.

“Saya ditunjuk sebagai Plt, supaya JR Saragih fokus pada masalah hukum yang sedang dihadapinya. Tentu dalam hal ini, Partai Demokrat tetap memberikan bantuan dan menanti hasil putusan PT TUN,” ungkap Zulkarnain.

Sebagai Plt, Zulkarnain mendapat amanah menjalankan mesin Partai Demokrat, baik itu dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) bahkan sampai kepada Pemilihan Presiden (Pilpres).

Zulkarnain mengakui, kalau sebagai Plt dirinya hanya mengemban jabatan sementara, sampai pada selesainya permasalahan hukum yang sedang ditempuh JR Saragih maupun statusnya yang telah ditetapkan tersangka oleh Gakumdu.

Kalau persoalan tersebut sudah selesai, maka jabatan tersebut akan dikembalikan kepada JR Saragih. Oleh karenanya Partai Demokrat berharap JR Saragih dapat memenangkan PT TUN.

Zulkarnain yang juga menjabat salah satu bidang di DPP Partai Demokrat menyatakan dalam waktu dekat akan bertemu langsung dengan Ketum Partai Demokrat untuk meminta intruksi lebih lanjut.

Tadi juga sudah bertemu bersama JR Saragih, Sekjen DPP Partai Demokrat Hitca Panjaitan dan yang lainnya. Pada pertemuan itu, JR Saragih legowo menerima keputusan DPP.

Sama-sama diketahui JR Saragih menggugat ke PT TUN kemudian ada gugatan lagi, didiperkirakan waktunya bisa bertambah sekitar 45 hari lagi jika pada tanggal 27 ada putusan PT TUN.

Partai Demokrat harus mengambil langkah, supaya Demokrat tidak drop tetapi tetap semangat.

Zulkarnain kembalii menegaskan kalau jabatannya sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, sudah syah, Surat Keputusan (SK) nya juga sudah jelas, tinggal hanya penjadwalan waktu serah terima.

Ketika dipertanyakan wartawan apakah masalah-masalah yang dialami JR Saragih belakangan ini sangat mempengaruhi, apalagi statusnya yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari hasil survey, elektabilitas Partai Demokrat mengalami penurunan dan kepercayaan masyarakat apalagi berbagai pemberitaan tentang JR Saragih yang menasional.

Supaya tidak tersandra lebih baik demikian tentu ada dugaan terkait penetapan status tersangka yang diterima oleh Bupati Simalungun dua periode itu atas dugaan pemalsuan tandatangan dokumen.

Untuk diketahui, JR Saragih dua kali dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Sumut dalam pencalonan sebagai Calon Gubernur Sumut periode 2018-2023. (Sil)

Bagikan berita ini

Mungkin Anda Menyukai