KAPOLDA SUMUT BUKA KEGIATAN PELATIHAN KHUSUS PENYELIDIK/PENYIDIK TINDAK PIDANA PEMILU

TARGET24JAMNEWS.COM  |  MEDAN — Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH., membuka resmi kegiatan pelatihan khusus penyelidik dan penyidik tindak pidana Pemilu, Kamis (20/9) sekira pukul 08.30 wib, di Hotel Santika Dyandra, Medan. 

Selain Kapolda Sumut, turut hadir para narasumber dari Kajati di wakili Kasi Kemeneg Pidum TPUL, Edmon N Purba, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Safrida Rasahan, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea S.Ag, M.Si, para Pejabat Utama Polda Sumatera Utara dan para peserta pelatihan khusus penyelidik dan penyidik kurang lebih 161 orang.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, keramaian dan dalam ruangan

Tema kegiatan yakni tegakkan hukum guna mewujudkan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang bermartabat dan berkeadilan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan 21 September 2018. 

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang tersenyum, teks

Kapolda Sumut pada amanatnya, menyambut baik kegiatan pelatihan ini karena bertujuan agar penyidik dapat meningkatkan kemampuan dalam menangani tindak pidana pemilu di wilayah hukum jajaran polda Sumatera Utara dalam menghadapi pemilu tahun 2019.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

 

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

“Saluran penyelesaian pelanggaran atau kejahatan terhadap ketentuan tindak pidana pemilu berdasarkan pasal 486 dan pasal 487 uu nomor 7 tahun 2017, mengamanatkan pembentukan gakkumdu sebagai pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana pemilu yang terdiri atas unsur Bawaslu, Polri dan kejaksaan, KPU dan instansi terkait lainnya.
Dengan terbatasnya jumlah personil yang telah dilatih, diharapkan pada setiap penanganan perkara tindak pidana pemilu untuk dapat dimasukkan ke dalam surat perintah penyelidikan dan penyidikan dan kedepan secara berkelanjutan tingkat propinsi menyelenggarakan pelatihan serupa sehingga secara keseluruhan anggota gakkumdu telah mengikuti pelatihan,” tegas Kapolda Sumut pada sambutannya. (RED/HUM). 

Bagikan berita ini