KAPOLRES PSP TANGKAP PELAKU PUNGLI

TARGET24JAMNEWS.COM | PADANGSIDIMPUAN – Sejumlah oknum yang memakai seragam Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polres Kota Padangsidimpuan. Dari tangan mereka, pihak kepolisian menyita barang bukti uang lebih kurang Rp1 juta.

“Hasil dari kegiatan penertiban preman ini, kita juga melakulan OTT sebanyak delapan orang oknum yang menggunakan seragam Dishub Kota Padangsidimpuan,” kata Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, Selasa (4/9/2018).

Dia mengatakan, mereka dijaring karena tidak mempunyai surat tugas dari dinas terkait, sehingga terindikasi telah melakulan pungutan liar (pungli).

Untuk menindaklanjuti dugaan pungli tersebut, pihak kepolisian akan memanggil Kepala Dinas Perhubungan guna meminta keterangan terkait status oknum yang diduga melakukan pungli itu.

“Kami akan lakukan pemanggilan terkait adanya oknum yang menggunakan seragam itu,” timpalnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga menjaring preman yang biasa meminta di pasar-pasar tradisional. Dia mengatakan, penertiban preman menjadi salah satu agenda rutin demi memberi rasa nyaman kepada masyarakat.

Zasri, salah seorang oknum yang terjaring OTT menggunakan seragam Dishub Kota Padangsidimpuan mengaku, setiap hari, hasil dari tindakan pungli tersebut mereka stor kesalah seorang yang mengaku pihak ketiga dari Dishub.

“Kalau malam, saya digaji Rp75 ribu sedangkan siang bisa mencapai Rp85 ribu,” ungkapnya kepada wartawan. Dia mengaku bahwa tidak mengetahui legalitas dari pekerjaannya, karena dia hanya seorang pesuruh.(sind/am)

Bagikan berita ini