Kapolri: Wamena Dijaga 1000 Personel TNI-Polri, Kalau Kurang Ditambah Lagi

TARGET24JAMNEWS.COM || WAMENA – Kapolri Jenderal Pol. Prof. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mengatakan sebanyak 1.000 personel gabungan TNI-Polri telah diterjunkan untuk mengamankan Wamena, Selasa (08/10/19).

“Kita sudah kirim pasukan cukup banyak di sini, lebih seribu, kalau kurang kita tambah lagi,” ungkap Kapolri pada kunjungannya bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Menko Polhukam Jenderal (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H., S.I.P., serta Menteri Sosial Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita M.Si di Wamena.

Pernyataan Kapolri tersebut disambut riuh oleh warga. “Kurang, kurang,” teriak warga yang mengungsi di Kodim 1702/Jayawijaya.

Disamping itu, Menko Polhukam Wiranto mengatakan agar masyarakat yang eksodus akibat kerusuhan yang terjadi di Wamena pada 23 September lalu mau kembali lagi ke Wamena maka perlu jaminan keamanan.

“TNI dan Polri menjamin keamanan di Wamena agar tidak ada lagi kerusuhan dan tindakan anarkis,” tegas Wiranto yang menyampaikan pesan agar mereka yang eksodus bisa segera kembali ke Wamena.
Aktivitas masyarakat di Wamena sudah mulai normal seperti perekonomian, perkantoran dan pelajar sudah mulai kembali ke sekolah.

Karena keamanan yang semakin kondusif Pemerintah mendorong agar warga tetap tinggal di Wamena, membangun Wamena bersama-sama.

Sedangkan yang sudah eksodus diharapkan bisa segera kembali ke Wamena. Wiranto menegaskan, Pemerintah akan memfasilitasi warga yang ingin kembali ke Wamena.
Untuk diketahui, rombongan Kapolri ini disambut langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpau, beserta Pejabat Utama Polda Papua dan Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua S.E., M. Si beserta Forkopimda.

Dalam kunjungan kali ini, Kapolri juga didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto M.Si., Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin M.Si dan Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo M.Hum., M.Si., M.M.

Kunjungan Kapolri dan Panglima TNI ini bukan kali pertama. Sebelumnya pada 4 September lalu keduanya pernah ke Papua bahkan berkantor di Papua selama sepekan pasca kerusuhan di Kota Jayapura, 29 Agustus lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, ada beberapa wilayah yang akan dikunjungi nantinya yakni Kota Jayapura, Wamena, Timika dan Merauke.
“Kapolri dan Panglima TNI juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama,” jelas Kombes Pol. Kamal.

Kemudian, Kabid Humas Polda Papua menjelaskan Kapolri dan Panglima TNI juga akan mengecek kondisi situasi di wamena serta mengunjungi para korban yang ada di Wamena ataupun yang ada di Jayapura.(Red/Hum)

Bagikan berita ini