Ketua PN Medan yang Baru Diminta Berantas KKN

TARGET24JAMNEWS.COM | MEDAN — Pengadilan Tinggi Medan menggelar serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri Medan, dari Marsudin Nainggolan dan digantikan oleh Djaniko MH Girsang. Proses serah terima jabatan ini dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Cicut Sutiarso, di PN Medan, Rabu 5 September 2018.

Usai pengambilan sumpah, Ketua PN Medan, yang baru, Djaniko diminta untuk melakukan ‘pembersihan’ dari segala bentuk tidak penyuapan melibatkan oknum hakim di PN Medan.

Cicut memastikan serah terima jabatan tersebut, tidak ada kaitannya dengan operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di PN Medan, Selasa lalu, 28 Agustus 2018.

“Tidak (terkait OTT). SK-nya duluan ini, kebetulan ada kejadian itu,” ucap Cicut kepada wartawan di PN Medan, usai pelantikan tersebut.

Namun, Cucit mengingatkan bahwa OTT KPK itu menjadi pengalaman yang harus diambil pelajaran. “Kejadian itu menambah pengalaman kita supaya lebih berhati-hati,” tutur Cicut.

Cicut meminta kepada Djaniko untuk memerangi korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).“Pertama meningkatkan pelayanan. Yang sudah dicapai, ya kita teruskan, kemudian tetap memerangi KKN. Jadi, pelayanan, memerangi KKN dan akuntabilitas, pada diri, keluarga, dan Yang Maha Kuasa,” kata Cicut.

Dampak OTT tersebut, membuat Marsudin Nainggolan, sebelumnya dipromosikan ke Pengadilan Tinggi Denpasar, kini, harus ‘ditarik’ ke Mahkamah Agung (MA). “Pembatalannya itu Mahkamah Agung sudah dirapimkan. Kita lihat saja nanti,” ucapnya. (sind/am)

Bagikan berita ini