KPU Sumut Goes To Campus Sambangi FISIP USU

MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) memiliki program sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke belasan kampus yang ada di Sumut.

Kali ini, KPU Sumut Goes To Campus menyambangi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Acara ini digelar bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (IMADIP) FISIP USU.Selasa(27/3/2018) di Pendopo FISIP.

Sosialisai ini, dilaksanakan selama 4 jam dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 13.30 WIB dan mengundang lebih dari seratus mahasiswa FISIP, dan juga dihadiri oleh pengurus IMADIP, Komisioner KPU Sumut Yulhasni, Zakaria Taher dosen Ilmu Politik USU, dan Ketua Jurusan Ilmu Politik Warjio.

Acara ini digelar bertujuan untuk menyosialisasikan bahwa Sumut dan delapan kabupaten/kota lainnya akan melaksanakan pemungutan suara pada Rabu tanggal 27 Juni 2018 mendatang, kepada para pemilih pemula dan pemilih muda diharapkan dapat berpartisipasi untuk memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Dalam sosialisasi ini, juga akan dijelaskan berbagai tahapan dan persyaratan yang diperlukan agar pemilih pemula dapat memberikan hak suaranya pada hari pemungutan suara nanti.

Yulhasni, komisioner KPU Sumut dalam acara KPU Sumut Goes To campus menyatakan, bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilih agar dapat memilih, salah satunya adalah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Jika E-KTP-nya belum selesai dicetak, pemilih harus membawa surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

“Untuk mendapatkan surat keterangan tersebut, harus dilakukan perekaman data terlebih dahulu,” tambah Yulhasni.

Dilanjutkan oleh Yulhasni, program KPU Sumut Goes To Campus diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dari pemilih pemula.

Menurut Yulhasni, pemilih pemula haruslah memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum sebab satu suara dari pemilih pemula akan menentukan masa depan daerah tersebut untuk lima tahun yang akan datang. “Sesuai dengan tagline KPU, Pemilih Berdaulat, Negara Kuat,” ujarnya.

Rahmad Alfiansyah Sinurat sebagai salah satu peserta sosialisasi mengapresiasi program KPU Sumut Goes To Campus.

Menurut Rahmad, acara ini dapat menambah wawasan dari pemilih pemula dan peryaratan apa saja yang harus dipenuhi agar terdaftar sebagai pemilih pemula.
Ditambahkan oleh Rahmad, acara ini sebaiknya mengundang lebih banyak pemilih pemula. “Kalau boleh fokuskan juga kepada anak-anak SMA karena mereka juga pemilih pemula,” pungkasnya.(Hry)

Bagikan berita ini