Kunker Anggota DPR RI Komisi III Husni Di Kabupaten Sergai

Foto : Bupati Serdang Bedagai Soekirman Bersama Anggota DPR RI Komisi III M Husni


TARGET24JAMNEWS.COM || SERGAI – Kunjungan kerja Anggota DPR RI Komisi III M Husni, SE, MM ke Kabupaten Sergai di sambut Bupati dan Wakil Bupati Sergai beserta jajarannya di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah. Selasa (10/3/2020) lalu.

Dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman, Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya) Anggota DPR RI Komisi III M Husni, SE, MM, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Sergai, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman, “Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat memiliki 1 Pulau terluar yaitu Pulau Berhala yang terdapat di Kecamatan Tanjung Beringin. Pulau ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka secara geografis berada pada posisi 3 derjad 46′ 38” lintang Utara dan 99 derjat 30′ 03″ bujur timur dengan luas total kurang lebih 46,75 hektar”.

Tambahnya lagi, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN teknokratik Pulau Berhala merupakan salah satu di antara pulau-pulau kecil terluar yang merupakan lokasi prioritas (lokpri) untuk tahun 2020-2024. Batas wilayah Pulau Berhala sebelah utara berbatasan dengan Selat Malaka dan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Sei Rampah, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Teluk Mengkudu serta sebelah timur berbatasan dengan Selat Malaka dan Kecamatan Bandar Khalifah.

Sedangkan permasalahan yang dihadapi dalam membangun Pulau Berhala, lanjut Bupati, yaitu pertama kondisi pos pengamanan Pulau Berhala kurang memadai, kedua kondisi fisik dermaga di Pulau Berhala sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak atau rusak berat dan yang ketiga kondisi pelabuhan dan dermaga di Tanjung Beringin kurang layak, keempat pendangkalan akibat sedimentasi yang cukup tinggi di pelabuhan atau dermaga Tanjung Beringin, dan yang kelima sarana transportasi laut yang tidak memadai, sarana air bersih yang kurang memadai lampu penerangan dan sumber listrik yang juga kurang memadai.

Kondisi sarana prasarana konservasi penyu perlu direhabilitasi serta tidak adanya fasilitas komunikasi atau internet dan yang terakhir peningkatan kualitas SDM perbatasan wawasan bela Negara. Jika Pulau Berhala mempunyai banyak potensi yang bisa lebih dimaksimalkan. Dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 12 tahun 2006 tentang pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan Eco Marine Tourism atau wisata bahari berwawasan lingkungan, karena selain memiliki prospek pariwisata Pulau Berhala juga punya potensi perikanan pariwisata konservasi dan keanekaragaman hayati yang tinggi. (Yung).

Bagikan berita ini