LAGI, KASUBDIT TIPIKOR POLDA SUMUT AMANKAN PELAKU PUNGLI

TARGET24JAM.COM  |  BELAWAN — Tim Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut dibawah naungan AKBP. Dony Sembiring, SIK., menangkap pegawai PT Pelita Indonesia Djaya Coorporation (PIDC), anak perusahaan PT Pelni. Pegawai berinisial NR tersebut ditangkap dalam sebuah Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dermaga Depo Pelindo Belawan pada Selasa (26/6/2018).

Dari tersangka NR, polisi menyita barang bukti uang tunai sebesar 600 ribu rupiah, buku tabungan Bank Mandiri Nomor Rek 106-00-0226170-2 atas nama Nyono Rafii sebagai rekening penampung uang sewa kontainer dengan saldo Rp. 79.571.954, ATM Bank Mandiri atas nama Nyono Rafii, ID Card PT Pelni yang juga atas nama Nyono Rafii.

Direktur Reskrimsus Poldasu Kombes Toga Panjaitan melalui Kasubdit III/Tipikor AKBP Doni Satria Sembiring  SH SIK MSi dikonfirmasi, Rabu (27/6/2018), membenarkan adanya OTT terhadap oknum pegawai PT PIDC di Belawan.

“Benar. Informasi dari masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti dengan menurunkan tim Tipikor ke Belawan dan menangkap oknum tersebut,” kata Doni.

Dijelaskannya, modus tersangka menerima barang atau daging yang dipungut biaya Rp. 2.500 per kilogram dari para pengusaha untuk dititipkan di dalam kontainer milik Permana Ginting sebagai pemilik dua kontainer.

“Barang bukti dagingnya sebanyak 200 kg, sisanya uang untuk biaya adminitrasi yang lain,” jelas Doni.

Diungkapkannya, tersangka aslinya merupakan pegawai PT PIDC.

Namun ketika di TKP dia mengambil kewenangan dari PT Sarana Bandar Nasional (SBN) anak perusahaan PT Pelni dan uang pembayaran ongkos kontainer pengusaha mengirimkan ke rekening pribadi dari tersangka NR.

“Seharusnya dikirim dan dibayarkan ke rekening sah milik PT SBN, bukan rekening pribadi tersangka,” ungkapnya.

Saat ini, tambahnya, penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap Permana Ginting.

“Penyidik juga melakukan pemblokiran dan penyitaan terhadap rekening Bank Mandiri milik tersangka dan akan melakukan pemeriksaan terhadap ahli dari PT. Pelni,” tambah mantan Kabag Ops Polrestabes Medan ini.

Namun begitu, hingga detik ini, pihak PT Pelni belum memberikan keterangan resmi terkait penangkapan terhadap NR.

Akan tetapi, beredar kabar, NR ditangkap petugas saat di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

Petugas bagian ekspedisi anak perusahaan PT Pelni itu ditangkap saat keberangkatan KM Kelud dari Belawan menuju Batam.

Dia diduga melakukan manipulasi manifes barang muatan KM Kelud.

Sebelumnya diketahui, Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut yang dipimpin oleh AKBP Doni Satria Sembiring SH SIK MSi juga melakukan OTT di beberapa lokasi antara lain kota Padangsidimpuan, Tanjungbalai dan Kepala Dinas Perizinana Kabupaten Padanglawas. (rel/pewar).

Bagikan berita ini