Massa GSMH Mendesak DPRD Segera Memakzulkan Walikota Siantar

TARGET24JAMNEWS.COM  |  PEMATANGSIANTAR –  Kumpulan etnis Simalungun yang tergabung dalam Gerakan Sapangambei Manoktok Hitei (GSMH) kembali turun ke kantor DPRD Siantar, ingin mendesak agar Panitia Khusus (Pansus) hak angket DPRD segera membacakan putusan pemakzulan Hefriansyah Noor sebagai Walikota Siantar, Rabu (25/7/2018) sekira pukul 11.00 WIB.

Ratusan pengunjuk rasa yang kesal dengan lambannya penanganan kasus penistaan etnis Simalungun yang dilakukan walikota Siantar, berhasil menduduki ruang rapat gabungan komisi DPRD dan meminta agar pimpinan DPRD Siantar segera menggelar rapat paripurna mengenai penistaan yang dilakukan Hefriansyah.

Setelah berada di ruangan tersebut,Herman Sipayung selaku Sekretaris Presidium PGSMH berhasil naik ke atas meja dan berorasi “Turunkan Walikota, turunkan Walikota,” teriaknya disambut ratusan massa lainnya dengan mengatakan “Turunkan Hefriansyah, makzulkan Hefriansyah,” tegas mereka.

Tak lama kemudian Pansus Hak Angket, yakni Oberlin Malau sebagai ketua bersama sejumlah anggota lainnya seperti Denny Siahaan, Asrida Sitohang, Rini Silalahi masuk ke ruang Rapat Gabungan Komisi.

Ketua Pansus, Oberlin Malau menyampaikan, pihaknya akan memberikan hasil angket ke pimpinan DPRD. “Hari ini (Selasa) sampai jam 24.00 wib dini hari nanti. Kami mohon, jangan diganggu dulu kami menyusun kesimpulan hak angket tersebut,” ujarnya.

massa yang ada di ruangan langsung menentang perkataan Oberlin tersebut, Omong kosong itu. Omong kosong. Hefriansyah tidak layak menjadi Walikota, turunkan Walikota. Hefriansyah menang nasib jadi Walikota,” teriak massa.

Mendengar itu, Ketua GSMH Poltak Sinaga bersikeras agar Panitia Hak Angket segera memanggil Ketua DPRD Siantar Marulitua Hutapea untuk hadir dalam dialog ini. Mereka menuntut supaya hari ini tetap dibuka rapat paripurna atas dugaan penistaan etnis Simalungun oleh Walikota Siantar.

Dan mendesak agar Plt Sekwan Wanden Siboro membeberkan data nama nama anggota DPRD Siantar.

“Kami mau minta nama-nama anggota DPRD. Kami mau jemput satu persatu dari rumahnya. Kami sudah siapkan mobil. Ini menyangkut orang banyak. Paripurna harus dijadwalkan,” pungkasnya.

Masih dalam dialog, Anggota Panitia Hak Angket Rini Silalahi memastikan, pihaknya segera memberikan hasil keputusan Panitia Hak Angket kepada pimpinan DPRD selambat lambatnya Pukul 19.00 WIB. Pernyataan demikian disepakati oleh Ketua dan Anggota Panitia Hak Angket lainya.

Tak lama kemudian, perwakilan dari GSMH langsung menerima penjelasan mengenai upaya yang sudah dilakukan Panitia Hak Angket dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk penyerahan hasil kesimpulan dugaan penistaan yang dilakukan walikota Siantar, Hefriansyah Noor. (DHO/RED). 

Bagikan berita ini