Penegak Hukum Kabupaten Deli Serdang Launcing Aplikasi I-CJS

LUBUK PAKAM-Jajaran lembaga penegak hukum yang terdiri dari Polres Deli serdang, Kejaksaan Negeri Deliserdang, Pengadilan Negeri dan Lembaga Pemasyarakatan Kelasa II B Lubuk Pakam launching aplikasi Integrated Criminal Justice System (I-CJS) di Kantor Bupati Deli serdang, Selasa (24/4/2018).

Hadir dalam acara itu mewakili Plt Bupati Deli serdang yaitu Asisten III Jentralin Purba, Kalapas II B Lubuk pakam EP Brayar Manik, Kapolres Deli serdang AKBP Suryantha Tarigan SIk, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Lubuk pakam Anas Mutadin, Kajari Deli serdang Asep Maryono SH, kepolisian serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Asep Maryono mengatakan, I-CJS merupakan salah satu sistem yang baik bagi pencari keadilan dan mengetahui perkembangan hukum.

“Ide ini berawal dari sebuah gagasan saya bersama Kasi Pidum yang selanjutnya berdiskusi dengan Kapolres Deli serdang dan disambut baik. Selanjutnya, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam  menyetujui penggunaan aplikasi untuk menangani semua perkara dan perkembangannya, yang teraplikasi secara sistem,” kata Asep Maryono.

Dikatakannya, tujuan I-CJS ialah untuk meningkatkan kesadaran dan keadilan bagi penegak hukum.

Untuk itu, adanya I-CJS untuk penanganan perkara oleh penyidik tidak perlu membawanya ke Kejaksaan. Cukup dikirim penyidik kepolisian ke sistem lalu akan diprint pihak Kejaksaan serta akan dijawab kurang lebih waktu 3 hari dengan penerbitan P16 (penunjukan siapa jaksanya).

“Sistem ini sangat memudahkan dalam bekerja terutama dari Polsek jajaran yang jauh wilayah kerja, mempermudah kebijakan selanjutnya, sangat berguna bagi masyarakat pencari keadilan dengan tidak perlu bolak-balik mengetahui perkara,” kata Asep.

Sementara itu, Kapolres Suryantha Tarigan mengaku ide itu adalah ide dari Kajari Deli serdang, pihaknya hanya melanjutkan.Suryantha berharap setelah dilaunching,aplikasi akan disosilalisasikan ke instansi agar segera diterapkan.

“Kalau hanya mendengar mungkin kurang memahami, ide ini juga mendapat sambutan yang baik dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penegak hukum dan terlebih lagi memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat dalam mencari keadilan.(Chr)

Bagikan berita ini