PENYAKIT MAAG BISA DISEMBUHKAN DENGAN OBAT ALAMI

TARGET24JAMNEWS.COM | RED – Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa maag hanyalah penyakit sepele yang bisa hilang seiring berjalannya waktu. Toh, maag hanya menyebabkan rasa sakit pada bagian perut saja, bukan?

Jika kamu merupakan salah satu penderita maag yang berpikiran seperti ini, sebaiknya buang jauh-jauh pola pikir buruk tersebut.Sejatinya, maag merupakan penyakit yang menyerang lambung manusia. Hal ini disebabkan oleh peradangan atau luka pada lambung, yang dipicu oleh tingginya kadar asam lambung.

Sakit maag adalah peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Istilah medisnya dikenal dengan gastritis. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh obat-obat anti radang non-steroid,penyalahgunaan alkohol, alergi makanan, menelan zat korosif, bahkan gangguan autoimun.

Selain itu, gangguan pola makan serta jenis makanan juga mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Namun gastritis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori yang bilamana tidak diobati dapat menyebabkan luka yang dikenal sebagai tukak lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan-makanan tertentu dapat membantu penyembuhan gastritis.

Bila Anda memiliki gastritis dan tukak lambung, Anda harus mengkonsumsi sayuran berwarna hijau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, sayuran yang berwarna hijau merupakan sumber vitamin yang baik terutama vitamin A, C, K, asam folat, zat besi, kalsium serta mineral. Vitamin dan mineral penting dalam proses penyembuhan gastritis dan tukak lambung. Jenis-jenis sayuran ini diantaranya adalah brokoli, kubis, kol, asparagus, bayam, sawi, kacang polong dan kacang hijau.

Protein membantu tubuh kita untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, dan ini sangat diperlukan dalam proses penyembuhan gastritis dan tukak lambung. Anda harus memilih jenis makanan yang mengandung protein dengan kadar lemak yang rendah karena lemak dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang menyebabkan iritasi lebih lanjut untuk lapisan lambung Anda. Makanan rendah lemak yang tinggi protein termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak.

Flavonoid adalah antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna cerah. University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa flavonoid membantu menghambat kerja bakteri Helicobacter pylori. Makan makanan yang kaya akan flavonoid dapat mencegah dan menyembuhkan gastritis serta tukak lambung. Jenis-jenis makanan yang banyak mengandung flavonoid diantaranya adalah daun seledri, cranberry, apel, blueberry, ceri, labu dan paprika.

Makanan dan minuman yang merangsang peningkatan asam lambung harus dihindari jika Anda memiliki gastritis dan tukak lambung. Makanan ini termasuk makanan pedas seperti cabai, lada hitam, kari, buah jeruk, kafein, alkohol, coklat dan teh.(Red)

Bagikan berita ini