Perbulan Menghasilkan Ratusan Juta, Megaland Setor Pajak Parkir Hanya 4 Juta

TARGET24JAMNEWS.COM || SIANTAR – Area perparkiran yang berada di kompleks Megaland, jalan Sangnaualuh, Siantar Timur, diduga menyetor pajak parkir kepada dinas pendapatan daerah (Dispenda) tidak sesuai dengan hasil yang didapat tiap bulannya.

Menurut pantauan awak media Kamis (13/12/2018) pukul 10.30 wib, lahan perparkiran yang ada di area megaland ada 13 titik. Jika setoran yang didapat dari setiap jukir 40 ribu perhari, maka pihak megaland mendapatkan 520 ribu perhari dan perbulannya bisa mencapai 15 juta 600 ribu.

Namun sangat disayangkan jika Dispenda hanya mendapatkan setoran pajak parkir dari megaland hanya berkisar 4 juta perbulan.

Hal itu diungkapkan oleh Kasubbid Penetapan dan Penagihan, Hamdani Lubis, membenarkan megaland menyetor pajak parkir.”Betul bang, Menyetor pajak parkirnya. Kemarin sebelum bulan agustus sebesar 2jt per bulan, sekarang kalau gak silap sudah 4jt per bulan.”jelasnya ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Pajak parkir yang disetor ke kas daerah kota Pematangsiantar sangat kecil dari perusahaan megaland, padahal kalau dilihat bahwa lahan parkir di area properti megaland sangatlah besar.

“Di UU 28 /2009 maupun di perda dinyatakan objek pajak parkir adalah penyelenggaraan tempat parkir oleh org pribadi atau badan dengan dipungut bayaran atau jlh yg shrsnya dibayar di pasal berikutnya salah satu yg dikecualikan dr dikenakan pajak parkir adalah penyelenggaraan parkir untuk karyawan sendiri.
Tolong bedakan dgn rertribusi parkir di tepi jalan umum ya bang.”tambahnya Ketika ditanyakan apakah ada dasar hukumnya menerima setoran parkir,

“Setoran ku perhari dari jam 9 sampai jam 15 hanya 40 ribu bang, dari jasaraharja sampai tiang Telkom ini. Tapi beda sama bank BRI itu, karena parkir itu hanya untuk karyawan aja. Itupun bayarnya perbulan ke megaland.”kata Johannes Purba yang merupakan Jukir di area megaland.

Johannes juga menjelaskan bahwa para jukir memberikan setoran kepada Danro Satpam bernama Bongot Purba. Dan karcis yang mereka gunakan pun tidak begitu penting.”gak begitu pentingnya karcis itu bang. Itupun kalau pas di minta sama yang parkir aja kami kasih, kalau gak diminta ya gak dikasih. Jumlah titik parkir disini ada 13 bang, itu juga beda-beda setorannya. Ada yang perhari 120, 100, 80, bervariasi lah”terangnya.(Dho)

Bagikan berita ini