Polda DIY Bersama TNI Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

TARGET24JAMNEWS.COM || YOGYAKARTA – Polda DIY bersama TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam, Selasa (7/1/2019).

Apel kesiapasigaan ini digelar di Lapangan Mako Brimob Baciro Polda DIY.Turut hadir dalam apel tersebut Kepala BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantara, M.Si., Kepala Basarnas DIY, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Kepala Dinsos DIY, Ka Din PUPR ESDM DIY, Tagana serta Kepala Staf Korem 072/Pamungkas Kolonel Kav.Puji Setiyono dan seluruh Pejabat Utama Polda DIY.

Secara resmi Wakapolda DIY Brigjen Pol. Karyoto, S.I.K., memimpin acara apel kali ini diawali dengan pengecekan alusista kendaraan dan peralatan serta pengecekan kesiapan personel dalam menangani bencana.

Dalam sambutan Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M.Si., yang dibacakan oleh Wakapolda DIY menyampaikan bahwa Indonesia memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan.

Siklus perubahan cuaca di Indonesia terdapat dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Pada musim kemarau sering terjadi kekeringan sedangkan dimusim penghujan dengan curah hujan tinggi sering menyebabkan banjir bandang dan longsor sehingga potensi bencana di Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itu semua pihak harus meminimalisir korban jiwa maupun harta.

“Apel siaga bencana ini untuk menghadirkan negara ditengah masyarakat yang membutuhkan, karena sedang terdampak bencana. Kita harus sudah berfikir untuk mengantisipasinya manakala bencana itu datang,” jelas Jenderal Bintang Satu ini.

Diakhir sambutanya Wakapolda juga berpesan agar semua bersatu padu dalam menghadapi dan menangani bencana, yang sewaktu-waktu dapat saja terjadi di wilayah Yogyakarta guna meminimalisir jumlah korban baik jiwa maupun harta benda.(Red/Hum/Nis)

Bagikan berita ini