POLDA NTB TANGKAP 4 PELAKU TINDAK PIDANA PERDAGANGAN MANUSIA

TARGET24JAMNEWS.COM  |  MATARAM – Empat pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berhasil diciduk Polda NTB.

Keempat pelaku tersebut di antaranya, inisial B (39) asal dari Kabupaten Lombok Utara (KLU), diciduk Polda NTB di rumahnya, pada Senin (17/6) ; inisial F (49) dari Buleleng Bali diciduk Polda NTB di rumahnya, pada Jumat (14/6); inisial BA (48) dan BH (43), keduanya dari Kabupaten Lombok Barat, juga diciduk Polda NTB di rumahnya masing-masing, pada Jumat (14/6).

’Keempat tersangka mengirim korban ke Damaskus, Suriah. Mereka melanggar pasal 10 dan 11 jo pasal 6 UUD No.21 tahun 2007. Hukumannya paling sedikit 3 tahun penjara dan paling lama 15 tahun serta denda Rp120 juta,’’ kata Kabid Humas Polda NTB, AKBP H Purnama kepada wartawan saat konferensi pers di Aula Mapolda NTB, Selasa (18/6).

Purnama menjelaskan modus operandi keempat pelaku. Di mana, pelaku merekrut anak usia 13 tahun untuk diberangkatkan ke Abu Dhabi dengan gaji sebesar Rp6 juta. Sebelum diberangkatkan, pelaku membuatkan korban paspor, KTP dan membiayai medical chek up.

Salah satu korban berinisial UH (17) asal Lombok Utara berhasil dipulangkan pada 18 Mei lalu menggunakan pesawat. Sebelum dipulangkan ke rumah, korban terlebih dahulu ditampung di Jakarta dan RPTC Dinas Sosial Provinsi NTB.

‘’Saat ini pihak KBRI tengah melakukan pemulangan dari Damaskus Suriah. Sesampai tiba di Jakarta, para korban ditampung selama 22 hari di RPTC,’’ ujarnya. (red/sid).

Bagikan berita ini