Polri Minta Mahasiswa Ikut Tangkal Hoax Jelang Pemilu

TARGET24JAMNEWS.COM  |  JAKARTA  – Satgas Nusantara Polri mengajak mahasiswa ikut memerangi hoax, khususnya saat pemilu. Polri mengingatkan mahasiswa tak menelan mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial.

“Berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan damai dan sejuk menjelang, pada saat dan setelah pemilu. Ini yang kami harapkan dari satgas Nusantara. Mahasiswa saya harap tetap menjadi pendingin, mendinginkan, dan berpikir rasional,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran dalam seminar Milenial Anti-Hoax di Universitas Nasional, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2018).

Brigjen Pol Fadil mengatakan, menjelang pemilu, banyak hoax yang beredar di masyarakat lewat media sosial. Menurutnya, mahasiswa harus menangkal peredaran hoax minimal dengan memastikan sumber informasi.

“Yang pertama, jika ada berita hoax, cek dan ricek. Cek sumbernya maupun siapa orang yang memberitakan. Yang kedua, jangan hanya percaya satu sumber, ketika ada informasi di medsos, konfirmasi lagi ke media mainstream,” ujar Brigjen Pol Fadil.

Brigjen Pol Fadil juga mengingatkan tentang bahaya hoax yang dinilai merusak akal sehat. Fadil mengimbau setiap informasi yang diduga bohong segera dilaporkan.

“Yang berikutnya, laporkan jika ada konten di media sosial yang menurut adik-adik mahasiswa mengandung berita-berita bohong yang dapat memecah belah bangsa ini yang dapat mengganggu rasa aman,” pungkas Brigjen Pol Fadil. (RED/HUM). 

Bagikan berita ini