RSU Hidayah Delitua Miliki Fasilitas Pengelolaan Limbah Lengkap dan Modern

TARGET24JAMNEWS.COM || MEDAN – Rumah Sakit Umum (RSU) Hidayah yang berada di kawasan jalan Medan-Delitua Km-8,5 Desa Sukamakmur kecamatan Delitua kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara memiliki fasilitas pengelolaan limbah yang lengkap dan modern.

” Semua limbah khususnya limbah cair sebelum dibuang terlebih dahulu diproses di instalasi pembuangan air limbah ((Ipal) dengan alat khusus penyaringan limbah. Penyaringan dilakukan sebanyak tujuh kali sampai benar-benar limbah cairnya steril baru kita buang,” kata dr Hidayat, Direktur RSU Hidayah kepada Target 24 JAM di kantornya, Kamis (05/9-19).

Hal ini dikatakannya menanggapi tudingan rumah sakit yang dikelolanya tidak atau belum memiliki fasilitas pengelolaan limbah.Menyangkut limbah padat, menurut dr Hidayat yang juga Kepala Puskesmas Pancurbatu Deliserdang ini, ditempatkan di tempat pembuangan sementara (TPS) sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang tersedia.

” Sekarang ini tidak bisa macam-macam. Semuanya harus beres. Apalagi fasilitas pengelolaan limbah menjadi syarat mutlak untuk memperoleh akreditasi dan kerjasama lainnya semisal BPJS. Dan Alhamdulillah RSU Hidayah fasilitas pengelolaan limbahnya lengkap dan bisa dibilang modern,” paparnya.

Ditambahkan, bahwa pihaknya per enam bulan membuat laporan terkait limbah rumah sakit kepada pihak berwenang atau regulator yang notabene Pemerintah.” Wajib laporan per enam bulan Laporan semester. Kalau tidak beres rumah sakit kita tentu bermasalah dan bisa distop operasionalnya seperti rumah sakitnya Pak Parlindungan Purba. Jadi sekarang sudah nggak bisa lagi backing backingan. Makanya semuanya kita beresi. Semuanya kita lengkapi. karena yang memeriksa bukan hanya dari provinsi tapi juga dari pusat,’ katanya mengakhiri. (wn)

 

Bagikan berita ini