dilihat 106 kali

SPANDUK DINAS KESEHATAN DELI SERDANG DIDUGA SARAT AKAN KORUPSI

TARGET24JAMNEWS.COM | DELI SERDANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang sebagai juru kunci menanggulangi kebebasan masyarakat Buang Air Besar Sembarangan (BABS) harus cepat bekerja demi Program Bupati Kabupaten Deli Serdang H.Ashari Tambunan menuju daerah yang ASRI (Aman, Sejuk, Rapih, Indah). Sebab Spanduk yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan yang menempel di didepan Kantor Desa Pagar Merbau III menuai pertanyaan masyarakat di Desa Pagar Merbau III.

Ketua LSM TOPAN-RI C.Sipayung di Deli Serdang yang Cinta Kebersihan angkat bicara sangat kecewa dengan isi Spanduk yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang yang menganggap Desa Pagar Merbau III masih didapati Limbah manusia, sedangkan daerah ini merupakan basis Ibukotanya Kabupaten deli Serdang di Kecamatan Lubuk Pakam. Dari beberapa kali Piagam Penghargaan Adipura yang didapat Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu hasil penilaian dari Kebersihan meraih Adipura. Adipura dianggap hanya sebagai pajangan saja.

Tambahnya lagi “saya akan surati melalui lembaga kita meminta pertanggung jawaban biaya pengeluaran pembuatan Spanduk tersebut untuk di ketahui masyarakat melalui media yang akan kami sampaikan sebagai informasi kepada masyarakat. Karena seluruh desa di Kabupaten Deli Serdang terdapat Spanduk seperti ini” kata C.Sipayung saat mempertanyakan isi spanduk itu.

Dengan anggaran sangat besar untuk pembuatan spanduk sementara desa lain masih didapati “Kotoran Manusia” sembarang tempat di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Dan pantas saja bangunan yang diduga tempat sanitasi pembuangan Limbah Kotoran Manusia yang dibangun beberapa tahun lalu di salah satu daerah Kabupaten Deli Serdang terkesan asal jadi, sehingga tidak dapat dipergunakan hingga saat ini, kalau diperkirakan memakan anggaran miliaran rupiah”. Kita akan laporkan ke Pemerintah Pusat.

Ketika tim media ini mengkonfirmasi mengenai publikasi spanduk ini “Kepala Desa Pagar Merbau III Bapak Marasutan Siregar hanya menyatakan”, “ini program Dinas Kesehatan Bagian Kesling”.

Kantor Dinas Kesehatan melalui Seksi Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olah Raga bapak CD.Sembiring ditemui diruang kerjanya menjelaskan maksud dari isi Spanduk itu “Kami Bangga Desaku Bisa Desa Pagar Merbau III Bebas Dari Buang Air Besar Sembarangan”. Masih ada masyarakat membuang Air Besar Sembarangan makanya sesuai program Pemerintah Pusat dibuatlah spanduk itu. Ketika ditanya  “Didaerah mana masih didapati “Kotoran Manusia” di Desa Pagar Merbau III. CD. Sembiring tidak bisa jawab.

Langkah ini sebagai upaya untuk membebaskan desa, kecamatan, kabupaten dengan BABS melalui Puskesmas secara gencar melakukan sosialiasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).(Pyg)

Bagikan berita ini

Mungkin Anda Menyukai