Team Polres Simalungun Sukses Amankan Kirab Obor Asean Games 2018, Hingga Antarkan Obor Ke Balige

TARGET24JAM | SIMALUNGUN – Kirab Obor Asean Games 2018 yang singgah dan menginap di Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, dibawa oleh para atlet, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaiatan SH SIK dengan pengawalan dari Torch Guard Team dalam rangka Kirab Obor Asean Games 2018 yang langsung dipercayakan dipimpin langsung oleh AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK, diikuti ribuan masyarakat Kabupaten Simalungun.

Antusias warga yang hingga ingin berphoto maupun ingin dekat dengan Obor tersebut, harus tertahan dan terhalang dengan adanya Torch Guard Team yang membarikade para atlit dan pejabat yang sedang berlari membawa Obor tersebut. Hal tersebut dilakukan guna agar Obor tersebut tidak rusak dan hal lain yang dapat mengganggu prosesi Kirab Obor itu sendiri.

Sebelumnya, pada Selasa (31/7) sekira pukul 22.30 WIB, Obor Asean Games 2018 tiba di Pesanggrahan Bung Karno, Parapat. Keesokan harinya, Rabu (1/8) sekira pukul 07.00 WIB, dengan dilepas langsung oleh Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw, Tim pembawa obor dan dikawal oleh Torch Guard Team langsung melakukan kirab dengan menempuh rute sejauh kurang lebih 11 kilometer, yakni hingga ke Balige.

Walaupun berganti-ganti pemegang Obor dari sejak awal dimulainya kirab, namun Torch Guard Team yang berjumlah 10 orang itu terus bertahan mengikuti prosesi jalannya kirab obor. Dengan diawali melintasi jalur kota Parapat, Danau Toba dengan menggunakan kapal motor, dan kembali menempuh jalur darat dari Sipolha untuk kembali ke Pantai Bebas, sebagai lokasi titik akhir dari kegiatan puncak penyambutan Obor Asean Games 2018.

Setalah pelaksanaan rangkaian acara di Pantai Bebas Parapat, Obor Asean Games 2018 kembali dikawal oleh Torch Guard Team berlari dalam 3 etape hingga akhirnya menuju Balige, Tobasa, kemudian tim kembali lagi ke Parapat.

Sedangkan obor itu sendiri setelah di Balige akan diboyong ke Pekan Baru dengan menggunakan pesawat terbang melalutugas mulia dan belum tentu bagi yang lain dapat merasakannya itu hingga 50 tahun mendatang Bandara Silangit.

Merupakan kebanggaan bagi Torch Guard Team dapat melakukan itu semua, hingga semangatnya karena mendapatkan kesempatan yang langka dan belum tentu orang lain dapat merasakannya, tiada pernah lelah dan letih. Hal tersebut disampaikan oleh AKP Daniel Artasasta Tambunan SH SIK kepada para awak media. “Ini kesempatan yang sangat langka bagi kami sebagai Torch Guard Team. Kami harus mampu melaksanakannya sesuai amanat Bapak Kapolres Simalungun, tugas mulia ini harus kami emban dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab.

Kami sudah melakukan semua persiapan fisik dan mental sebelum pelaksaan kegiatan ini tiba. Semoga Asean Games 2018 ini sukses”, terangnya.(Dho)

Bagikan berita ini