TEMBOK BANGUNAN MILIK HARAPAN TANI MEMPERSEMPIT ALIRAN PARIT MENUJU SUNGAI BAH BOLON

TARGET24JAM | PEMATANGSIANTAR – Tembok bangunan milik Usaha Dagang (UD) Harapan Tani yang berada di jalan ski, berakibat mempersempit bahkan akan berpotensi menutup aliran air menuju sungai bah bolon.

Terlihat semenjak berdirinya tembok raksasa milik pengusaha pupuk tersebut, semakin memperkecil ukuran anak sungai.
Salah satu penyebab penyempitan aliran air menuju sungai besar bah bolon karena adanya tembok besar bangunan di sekitar daerah aliran sungai (DAS).
 
Selain faktor alam, faktor yang seharusnya mendapat perhatian serius adalah faktor yang disebabkan manusia di sekitar sungai itu sendiri. Maka dari itu diharapkan kepada pemko Pematangsiantar segera menindak tegas bangunan-bangunan yang berpotensi merusak DAS.
Seperti yang diketahui bahwa bangunan bisa berdiri 15 meter dari bibir sungai. Yang diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 28/PRT/M tahun 2015, tentang Penetapan Garis Sempadan Sugai dan Garis Sempadan Danau.
Sementara Kepala Bidang Trantibum Polisi Pamong Praja Kota Pematangsiantar, Abidin Damanik, mengatakan terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan ke lokasi yang menjadi keberatan warga. ” Nanti kita cek dulu ke lokasi, dan akan kita periksa melalui ketentuan yang ada,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler pukul 15.00 WIB.
 
Untuk saat ini belum bisa mengambil kesimpulan, apakah tembok bangunan menyalahi aturan atau tidak. “intinya, jika bangunan telah melanggar aturan, akan segera kita tindak tegas.” Tutupnya.
Sementara pemilik tembok raksasa tersebut,sampai berita ini di naikkan belum bisa ditemui guna dimintai keterangan. (Dho)
Bagikan berita ini