Terkait Proyek PJU Ada Menyebut Nama Bupati Batu Bara.

TARGET24JAMNEWS.COM || BATU BARA – Menindak Lanjuti Terkait Proyek Penerangan Jalan Umum ( PJU ) Pemasangan Lampu Solar Cell di Duga Sarat Muatan Mark Up dari Pihak-pihak Tertentu dari Pemanfaatan Dana Desa ( DD ) di Desa Suka Maju kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, Menuai Polemik di Sebabkan Adanya Menyebut-nyebut Nama Petinggi di Batu Bara. Jumat (26/06/2020).

Menurut Hendra selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pemuda Karya (IPK) kecamatan Tanjung Tiram mengatakan, bahwa ada dugaan Mark Up dari pihak-pihak tertentu dan membawah nama sejumlah petinggi di kabupaten Batu Bara agar pengadaan PJU Solar Cell (tenaga Surya) berjalan mulus yang mereka jual di desa.

Lanjut Hendra, apalagi ada dugaan indikasi harga jual solar cell diduga cukup tinggi, dari pantauan di lapangan PJU Solar Cell menjadi suatu pertanyaan di sebabkan pemasangan Solar Cell tidak menggunakan panel box, tidak menggunakan tiang sendiri, dan juga batrei.

Lebih lanjut di katakan Ketua PAC IPK Tanjung Tiram, saat ini yang terpasang di sejumlah titik di Desa Suka Maju di duga bukan Solar Cell melainkan lampu LED yang memakai poto sel (pengganti saklar), sebenarnya Solar Cell harus memakai panel box (atap Solar Cell) dan juga batrei, “ ungkap Hendra

Dia berharap, Dana Desa (DD) harus berjalan dengan baik, sedangkan PJU Solar Cell (Tenaga Surya) menjadi kebutuhan desa-desa khususnya di wilayah yang susah mendapat layanan listrik.

Hendra meminta CV selaku rekanan pengadaan PJU Solar Cell di Desa Suka Maju untuk segera menurunkan perangkat Solar Cell karena di duga tidak berstandard SNI.“Juknisnya, speknya, sesuai atau tidaknya nanti ada pejabat teknis dari Dinas Terkait,“ ungkapnya.

Menyikapi permasalahan PJU Solar Cell, ” Pjs Kepala desa Suka Maju Alfitri Hidayat yang juga menjabat camat Tanjung Tiram di ruang kerjanya mengakui, perkara pemasangan lampu jalan saat ini bukan masa saya menjabat Pjs Kades.

“Saya menjabat sebagai Pjs Kades Suka Maju baru hari Jum’at kemarin,“ ujarnya.

Terkait anggaran untuk PJU melalui Dana Desa (DD) tersebut, Pjs Kades menjawab kalau di lihat memang di anggarkan melalui DD tahun 2020 di duga sebesar Rp 2.500.000 untuk per satu unit.

“Sewaktu saya masuk menjabat Pjs Kades Suka Maju Penerangan Jalan Umum (PJU) itu sudah terpasang, sementara jumlah PJU yang terpasang saya tidak mengetahui jumlahnya,“ Sebut Alfitri.

Ia juga mengatakan, bahwa surat edaran Bupati Batu Bara menjelaskan seharusnya lampu jalan yang terpasang saat ini harus menggunakan lampu 100 Watt.

Diamini, ULP PLN Tanjung Tiram Robby saat di temui, Jum’at (26/06/2020) terkait pemasangan PJU Solar Cell di desa Suka Maju mengatakan dengan singkat sejak bulan April di tempatkan disini hingga sekarang tidak ada pihak mana pun yang melaporkan terkait pemasangan PJU tersebut,“ cetus bobby. (Sultan)

Bagikan berita ini