URUS STNK LEBIH MURAH KE TUKANG PARKIR DARIPADA PEGAWAI SAMSAT SIANTAR

TARGET24JAMNEWS.COM | PEMATANGSIANTAR – Dugaan terjadinya pungutan liar (Pungli) di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pematangsiantar, semakin jelas terlihat adanya.

Dimana ketika wartawan target24jamnews.com ingin mengurus pajak STNK, Senin (24/9/18). biaya pengurusan dari calo yang juga merangkap sebagai tukang parkir lebih murah daripada pengurusan langsung kepada pihak Samsat.

Saat ditanyai kepada DP mengapa biaya yang dicatat berbeda dengan yang disebut, mengatakan,” Kena Rp 675.000 lah semua bang, belum lagi mengurus formulir kesana kemari, pokoknya sudah terima bersih lah Abang. Inikan ditulis Rp 600.000 bang. biar ada lah uang rokokku itupun cuma Rp 75.000″ujarnya

Yang sangat mengejutkan lagi, ketika dicoba untuk menanyakan kepada pegawai Samsat biayanya lebih mahal lagi.

Pegawai Samsat berinisial RT mengatakan,”bahwa biaya perpanjangan pajak STNK, senilai Rp 735.000 ini nomor hp ku ya ito, hubungi aja nanti”ujarnya sembari menulis biaya pembayaran pajak beserta nomor hpnya.

Dengan perbedaan kedua biaya pembayaran pajak STNK dari calo dan pegawai Samsat jauh berbeda. Disitu jelas bahwasanya Samsat Siantar Sarat Pungli.

Hal serupa juga dialami seorang pemuda yang juga sedang cek fisik kendaraan bermotor,”kena biaya 50 ribu, bang. Itupun karena adanya orang dalam, kalau gak ada pasti mahal bang, sedangkan ngurus STNK ku yang hilang aja sampai 400 ribu lebih.”ujar pria yang tidak mau disebutkan namanya.

Kasat Lantas AKP Hendro Wibowo ketika di konfirmasi tidak bisa memberikan penjelasan, hanya saja mengatakan,”Saya sudah instruksikan utk zerro pungli bang.”ujarnya singkat

Walaupun sudah dijelaskan bagaimana keadaan di Samsat, Hendro tidak bisa memberikan jawaban.

Sementara KTU Samsat Siantar Abdul Somad ketika dikonfirmasi juga tidak memberikan jawaban.(Dho)

Bagikan berita ini