Wakapolri Dorong Korlantas Polri Realisasi Sistem di Samsat Terintegrasi Secara Menyeluruh

TARGET24JAMNEWS.COM || JAKARTA – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen. Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., menginginkan agar sistem aplikasi pelayanan Samsat terhadap masyarakat dapat terintegrasi secara menyeluruh atau nasional. Hal itu ia sampaikan saat membuka rapat koordinasi pembina Samsat tingkat nasional 2019.

“Perlu penyeragaman sistem aplikasi pelayanan Samsat yang terintegrasi berbasis teknologi dan terkoordinasi dari pusat ke seluruh Indonesia sehingga dapat berjalan efektif dan efisien,” jelas Wakapolri, dalam sambutannya, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/19).

Selain itu, di hadapan Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si., dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh, Wakapolri meminta, agar sistem pendataan kendaraan bermotor seluruh Indonesia terintegrasi.

“Segera dibangun sistem pendataan kendaraan bermotor di seluruh Indonesia yang terintegrasi sehingga dapat membantu pengungkapan curanmor dan kejahatan lainnya,” jelas Jenderal Bintang Tiga itu.

Ia melanjutkan agar stakeholder pembina samsat merealisasikan sistem elektronik registrasi identifikasi sebagai sistem layanan regiden online berbasis IT. Hal itu untuk mendukung pelayanan samsat online, pelaksanaan E-TLE, e-parking, elektronik pricicing.

“Pembina samsat seluruh Indonesia memanfaatkan era perkembangan teknologi industri 4.0. Karena sistem berbasis online saling terintegrasi untuk menciptakan pelayanan publik cepat, akuntabel, transparan informatif dan mudah diakses,” jelasnya lebih lanjut.

Bukan hanya itu, dia juga ingin agar ada peningkatan kualitas SDM pendidikan dan pelatihan, pengawasan internal dan eksternal di jajarannya. Serta diperlukannya inovasi baru terkait pelayanan samsat.

“Perlu ada trobosan kreatif dengan tetap berdasarkan mekanisme yang berlaku untuk meningkatkan, mempercepat, mempermudah pelayanan samsat shingga dapat mengikuti perkembangan zaman,” tuturnya lagi.

Dia berharap agar pembangunan samsat online yang sudah ada saat ini dapat memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Pembangunan samsat online merupakan salah satu jawaban atas tuntutan masyarakat agar pelayanan samsat dapat lebih efisien dalam bekerjasama dengan kalangan perbankan. Sistem ini perlu di kembangkan dengan baik sehingga semakin unggul dan berdaya saing,” pungkas Mantan Kabareskrim Polri itu.(Red/Hum)

Bagikan berita ini