Wakil Walikota Medan Terima Kunker Wakil Walikota Depok

MEDAN-Wakil Walikota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Depok di Kantor Walikota Medan, Rabu (21/3/2018). Kunjungan Kerja Pemerintah Kota Depok ini dipimpin oleh Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna.

Dalam pengantarnya Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna memperkenalkan unsur pimpinan OPD yang turut serta dalam kunjungan kerja tersebut. “Hari ini saya membawa pimpinan OPD untuk dapat belajar tata kelola pemerintahan di Kota Medan, termasuk juga 9 Camat,” ujar Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna.

Pradi menjelaskan kedatangan mereka ke Kota Medan dalam rangka mempelajari skema sinkronisasi penyelesaian batas wilayah antar daerah yang berjalan di Kota Medan. Selain itu mereka juga ingin sharing pengalaman dengan Pemko Medan terkait pembuatan Gapura Batas Wilayah.

“Saat ini kita tengah melakukan sinkronisasi penyelesaian batas daerah dengan 4 daerah yang ada di sekitar Kota Depok. Tiga daerah diantaranya sudah selesai dan sudah ditetapkan dengan Permendagri. Tinggal penyelesaian batas dengan daerah Bogor yang belum selesai hingga saat ini,” sambungnya.

Sebelumnya Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution menyambut kedatangan Wakil Walikota Depok bersama rombongannya dengan ucapan selamat datang seraya memberikan selayang pandang dan memperkenalkan karakteristik geografis, demografis serta potensi Kota Medan.

Menanggapi pertanyaan pimpinan rombongan, Wakil Walikota Medan menjelaskan bahwa pada dasarnya Kota Medan berbatasan dan dikelilingi langsung oleh Kabupaten Deli Serdang. Saat ini Pemko Medan sedang melakukan pembenahan data batas wilayah sehingga nantinya dari hasil tersebut akan ada koreksi data luas wilayah dengan daerah penyangga di sekitar Kota Medan.

“Pemko Medan telah menggandeng BIG untuk menegaskan kembali batas-batas daerah Kota Medan, meskipun sampai sekarang tidak ada permasalahan dengan Pemkab Deli Serdang, namun upaya ini harus dilakukan untuk wilayah kedua daerah bertetangga dan disesuaikan dengan Permendagri No 76 Tahun 2012 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah,” kata Akhyar sembari menikmati secangkir kopi yang dibawa dari Kota Depok.

Selanjutnya ditambahkannya mengenai Gapura Batas Kota, Kota Medan memiliki 2 Gapura Induk Pintu Masuk Kota Medan di Medan Sunggal (Selatan) dan Medan Amplas (Utara). Selain itu batas wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang juga ada yang bersentuhan langsung dengan badan jalan.

Diakui Akhyar, penegasan Batas Wilayah antar daerah ini sangat penting, mengingat kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik secara cepat dan tepat, sehingga dapat bermanfaat luas bagi kehidupan masyarakat, untuk itulah Pemko Medan terus berupaya memperbaiki titik-titik batas Kotanya.

Apalagi sambungnya, antara Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang sudah menjalin kerja sama untuk penataan dan pengelolaan bersama di kawasan perbatasan kedua daerah tersebut, seperti penanganan jalan, air limbah, TPA, penanganan kebakaran dan infrastruktur lainnya.

“Selain penunjang batas wilayah Kota, kita juga sedang mengupayakan pembenahan dan perbaikan infrastruktur dasar di Kota Medan, penataan kebersihan Kota serta sistem angkutan transportasi massal di Kota Medan,” tutupnya yang kemudian diakhiri saling penyerahan cinderamata oleh kedua daerah tersebut.(Hry)

Bagikan berita ini